Tentang Kami

Spirit keislaman dan komitmen luhur berlandaskan idealisme tinggi untuk berkontribusi dalam pembangunan insan Indonesia yang gemilang, menjadi titik awal berdirinya Lembaga Pendidikan Insani (LPI). Amal karya nyata ini dimaksudkan untuk membina, mengarahkan, dan mengasah potensi pemuda islam. Sehingga diharapkan mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang berprilaku baik, bermoral tinggi, serta menjadi solusi atas permasalahan umat.

Komitmen ini terwujud pada Ahad, 26 September 2004 di kota pelajar, Yogyakarta. Yang dipelopori oleh Bapak Umar Basyarahil. Dari komitmen luhur, lalu mengkristal menjadi amal karya nyata dengan diresmikannya Asrama Mahasiswa Lembaga Pendidikan Insani (LPI).

Tahun 2004 merupakan tahun bagi angkatan pertama Lembaga Pendidikan Insani (LPI). Angkatan pertama peresmian secara simbolis dilakukan oleh Tokoh Ulama, Ustadz Abdul Aziz Salim Basyarahil. Sejumlah mahasiswa dibina dan diarahkan dengan pemahaman keislaman, mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan sehari-hari, membina sikap, kemandirian, dan kepedulian sehingga siap untuk bersinergi dan berkontribusi di level mana pun demi kepentingan pembangunan bangsa.

Alhamdulillah, berkat rahmat Allah SWT, empat tahun kemudian, tepatnya pada bulan Juni tahun 2008, Lembaga Pendidikan Insani (LPI) kedua kembali didirikan dan diresmikan di Malang, Jawa Timur. Dan pada bulan September 2017, Lembaga Pendidikan Insani (LPI) khusus putri resmi dibuka baik di Yogyakarta maupun di Malang.

Semoga kedepan Lembaga Pendidikan Insani (LPI) terus berupaya untuk menginkubasi insan-insan pilihan yang nantinya akan menjadi aset dan penerus estafet perjuangan bangsa. Dengan berbekal pengalaman yang telah berjalan selama ini, evaluasi yang holistik dan proses studi referensi, baik secara mandiri dan komparasi dengan lembaga mitra sejenis, In-Syaa Allah Lembaga Pendidikan Insani (LPI) akan terus hadir untuk meningkatkan komitmen luhurnya.

Visi dan Misi LPI

Visi:
Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang beraqidah lurus, berakhlak mulia, berkepribadian matang dan mandiri, peduli, cerdas, moderat, dan profesional di bidang masing-masing dengan dilandasi semangat dan pemahaman Islam yang komprehensif.

Misi:

  1. Membina, mengajar, mengasuh dan mengembangkan mahasiswa para calon pemimpin masa depan.
  2. Mempersiapkan alumni LPI untuk bisa berperan di instansi maupun lembaga publik yang mampu memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan alam semesta.
  3. Melakukan pengembangan LPI di berbagai daerah di Indonesia.

Komitmen LPI

  1. Dengan ikhtiar melalui pengajaran, pengasuhan dan pembinaan generasi muda dalam hal ini para mahasiswa melalui program penyediaan asrama beserta program-program pendidikan yang ada di dalamnya LPI menekadkan dirinya menghasilkan calon pemimpin masa depan berkarakter khas berdasarkan nilai-nilai Islam yang lurus.
  2. Melakukan upaya-upaya maksimal mulai dari perekrutan, pembinaan dan pengasuhan agar upaya-upaya tersebut sejalan dengan komitmen yang telah dibuat.
  3. Untuk mencapai karakter khas yang dijelaskan oleh misi LPI, dibuat sejumlah program pengajaran, pengasuhan dan pembinaan yang meliputi pembinaan intelektual (IQ), emosional (EQ), dan spiritual (SQ) yang berlangsung secara seimbang, sistematis, dan terpadu, disamping pembinaan fisik (PQ= Physical Quotient) untuk tercapainya visi dan misi lembaga.
  4. Penyediaan infrastruktur dan dukungan finansial menjadi perhatian yang sungguh-sungguh untuk mendukung pengelolaan dan pencapaian visi dan misi lembaga.
  5. Pengelola, pengurus, peserta dan unsur-unsur terkait (stakeholder) mendapatkan kesamaan persepsi dan tujuan selaras dengan visi dan misi yang menjadi komitmen lembaga secara keseluruhan..
Tertarik berkolaborasi?

Hubungi kami di kantor perwakilan terdekat, atau langsung hubungi kami di laman berikut.

Lembaga Pendidikan Insani (LPI) mengajariku kehidupan dengan caranya yang unik. Bagi saya LPI menjadi tempat yang selalu mengingatkanku dalam belajar bertafaquh fiddin, belajar berbuat ikhlas, memiliki jiwa mandiri, dan belajar bertanggung jawab.

Delias
LPI Angkatan VI