Profile

  1. Sejarah Lembaga Pendidikan Insani

Berawal dari komitmen luhur

Spirit keislaman dan komitmen luhur berlandaskan idealisme tinggi untuk berkontribusi dalam pembangunan insan Indonesia yang gemilang, menjadi titik awal berdirinya Lembaga Pendidikan Insani (LPI). Amal karya nyata ini dimaksudkan untuk membina, mengarahkan, dan mengasah potensi pemuda islam. Sehingga diharapkan mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang berprilaku baik, bermoral tinggi, serta menjadi solusi atas permasalahan umat.

Komitmen ini terwujud pada Ahad, 26 September 2004 di kota pelajar, Yogyakarta. Yang dipelopori oleh Bapak Umar Basyarahil. Dari komitmen luhur, lalu mengkristal menjadi amal karya nyata dengan diresmikannya Asrama Mahasiswa Lembaga Pendidikan Insani (LPI).

Tahun 2004 merupakan tahun bagi angkatan pertama Lembaga Pendidikan Insani (LPI). Angkatan pertama peresmian secara simbolis dilakukan oleh Tokoh Ulama, Ustadz Abdul Aziz Salim Basyarahil. Sejumlah mahasiswa dibina dan diarahkan dengan pemahaman keislaman, mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan sehari-hari, membina sikap, kemandirian, dan kepedulian sehingga siap untuk bersinergi dan berkontribusi di level mana pun demi kepentingan pembangunan bangsa.

Alhamdulillah, berkat rahmat Allah SWT, empat tahun kemudian, tepatnya pada bulan Juni tahun 2008, Lembaga Pendidikan Insani (LPI) kedua kembali didirikan dan diresmikan di Malang, Jawa Timur. Dan pada bulan September 2017, Lembaga Pendidikan Insani (LPI) khusus putri resmi dibuka baik di Yogyakarta maupun di Malang.

Semoga kedepan Lembaga Pendidikan Insani (LPI) terus berupaya untuk menginkubasi insan-insan pilihan yang nantinya akan menjadi aset dan penerus estafet perjuangan bangsa. Dengan berbekal pengalaman yang telah berjalan selama ini, evaluasi yang holistik dan proses studi referensi, baik secara mandiri dan komparasi dengan lembaga mitra sejenis, In-Syaa Allah Lembaga Pendidikan Insani (LPI) akan terus hadir untuk meningkatkan komitmen luhurnya.



Leave a Reply